you're reading...
Kekuasaan Duniawi

Hah? Walau Sepi, Perpustakaan DPR Malah Diperluas

Perpustakaan DPR sepi banget

Gedung para dewan wakil rakyat telah lama dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan. Tapi sayang fasilitas tersebut tak ubahnya seperti mengalihfungsikan ruangan menjadi rak buku.

Sebelum masa sidang ketiga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ditutup, dalam pidatonya Setya Novanto, mengungkapkan adanya wacana pembangunan fasilitas baru komplek parlemen. Rencananya para wakil rakyat itu kan membangun perpustakaan, museum, dan juga research center. Mungkin hanya research center saja yang akan menjadi fasilitas terbaru di kantor anggota dewan. Sebab untuk perpustakaan dan museum telah ada di komplek DPR sejak lama. Khusus untuk perpustakaan keberadaanya tak lebih dari sekedar hiasan pelengkap tanpa adanya nilai guna yang berarti.

Ruang perpustakaan berdua lantai yang telah lama dimiliki DPR teramat dingin lantaran selalu sepi dikunjungi oleh para anggota dewan. Lantai pertama perpustakaan yang berada di Gedung Nusantara II berisi rak panjang tempat memajang majalah yang disusun berbanjar. Lantai itu rupanya memang sengaja dipersiapakan bagi anggota yang ingin baca-baca majalah yang telah dilengkapi dengan sofa empuk yang memanjakan, sesuai dari apa yang disampaikan oleh petugas perpustakaan.

“Lantai satu memang khusus untuk tempat membaca majalah,” jelas petugas perpustakaan yang enggan disebut namanya.

Untuk menuju ke lantai kedua, pengunjung perpustakaan harus menempuh tangga yang cukup sempit untuk bisa masuk keruang buku. Lantai dua sendiri berisikan jajaran rak buku, monitor komputer beserta meja, meja besar dan beberapa kursi yang sengaja disediakan bagi pengunjung yang hendak membaca buku ataupun berselancar di dunia maya.

Jika di lantai pertama perpustakaan sepi pengunjung, begitu pula yang terjadi di lantai dua perpustakaan DPR yang serupa tanpa tersentuh pengunjung, terutama anggota dewan. Sebab perpustakaan sejauh ini hanya dimanfaatkan oleh para staf ahli dan sesekali juga dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

“Perpus hanya banyak digunakan oleh tenaga ahli. Kadang masyarakat juga ada yang kesini,” tambah petugas perpus tersebut.

Sedikitnya perpustakaan DPR memiliki 105.381 eksemplar koleksi bacaan. Sebanyak 15.834 total eksemplar keseluruhan kliping dan artikel sepanjang tahun 2012 hingga 2015. Total jumlah buku tersebut rupanya hanya bisa dibawa pulang bagi para anggota dewan dan tenaga ahli saja, sedangkan masyarakat umum tidak diperkenankan, meskipun perpustakaan DPR terbuka secara umum.

Padahal buku-buku perpustakaan milik DPR terbilang beragam jenisnya. Ada yang membahas terkait politik, ekonomi, sejarah, biografi tokoh, hingga buku yang mensosialisasikan perundang-undangan yang berlaku di tanah air. Bahkan koleksi buku perpustakaan sedianya akan ditambah serta masih banyak pula buku-buku yang belum bisa terpajang lantasan keterbatasan ruang. Untuk itu staf perpustakaan menginginkan adanya renovasi ataupun penambahan ruangan baru.

Hal tersebut senada seperti yang disampaikan Setya Novanto, dimana nantinya DPR memiliki perpustakaan yang modern dan juga terbuka bagi masyarakat umum. Hal serupa juga disampaikan oleh Agus Hermanto, pembangunan perpusatakaan selain kelak dijadikan ikon nasional, juga diperuntukan bagi para tenaga ahli yang kerap mendampingi aktivitas anggota dewan.

“Sekarang ini, satu anggota dewan memiliki dua sekretaris pribadi dan lima tenaga ahli. Bisa dibayangkan ruangan di Nusantara I sudah melebihi kapasitas,” ujarnya.

Karenanya, dia mengatakan, akan dilakukan tata ruang di komplek DPR yakni gedung yang saat ini digunakan oleh DPD nantinya akan digunakan oleh para anggota dewan dan tenaga ahli. Sedangkan, untuk kantor kerja anggota DPD nantinya akan dipindah ke kawasan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Advertisements

About syukronachmad

iam a journalis, i love Juventus Football Club, iam aMoslem, and iam Nasionalism

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: